Selasa, 17 April 2018

8 Manfaat Air Jeruk Nipis Bagi Kesehatan

Air merupakan substansi yang penting bagi tubuh. Kira-kira 60% dari tubuh manusia terdiri dari air. Air berguna untuk membuang zat-zat racun dari tubuh, mencegah dehidrasi, dan membuat kita tetap bertenaga. Orang dewasa umumnya memerlukan kira-kira delapan gelas cairan per hari untuk mencukupi kebutuhan cairan.
Beberapa orang tidak menyukai air putih biasa yang tidak memiliki rasa dan cenderung mengonsumsi jus atau teh sebagai gantinya. Minuman-minuman ini biasanya mengandung pemanis tambahan dan jumlah kalori yang lebih banyak. Jika Anda termasuk dalam golongan ini, Anda mungkin ingin mencoba mengganti kebiasaan Anda dengan menambahkan perasan air jeruk nipis ke dalam minuman Anda. Selain membuat rasanya lebih nikmat, air jeruk nipis juga memberikan beberapa keuntungan.

1. Meremajakan kulit

Beberapa produk perawatan kulit mungkin menyatakan bahwa produk mereka dapat menyehatkan dan membuat wajah terlihat lebih muda. Namun, Anda ternyata tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk meningkatkan penampilan kulit Anda. Jeruk nipis mengandung vitamin C dan flavonoid, antioksidan yang dapat memperkuat kolagen. Mengonsumsi air jeruk nipis dapat menghidrasi dan meremajakan kulit Anda.
Hindari mengoleskan air perasan jeruk nipis langsung di kulit Anda karena paparan cahaya matahari setelah pengaplikasian dapat menyebabkan kondisi yang disebut phytophotodermatitis. Anda dapat mengalami rasa panas pada area kulit Anda.

2. Memperbaiki pencernaan

Air jeruk nipis bersifat asam dan dapat membantu air liur (saliva) memecah makanan. Selain itu, kandungan flavonoid dalam air jeruk nipis dapat merangsang pengeluaran enzim-enzim pencernaan.
Jika Anda mengalami sembelit, sifat asam jeruk nipis dapat merangsang pergerakan usus Anda. Jika Anda mengalami rasa panas pada ulu hati atau refluks asam lambung, meminum segelas air hangat dengan 2 sendok teh air jeruk nipis 30 menit sebelum makan mungkin dapat mencegah gejala tersebut.

3. Mencegah infeksi

Kandungan vitamin C dan antioksidan dalam jeruk nipis dapat memperkuat sistem pertahanan tubuh Anda dan membantu Anda melawan penyakit seperti flu. Selain itu, air jeruk nipis juga dapat memperpendek durasi sakit Anda.

4. Membantu menurunkan berat badan

Penurunan berat badan mungkin merupakan keinginan sebagian besar wanita. Kandungan asam sitrat pada jeruk nipis dapat meningkatkan metabolisme. Hal ini  dapat membantu Anda dalam membakar kalori dan menyimpan lebih sedikit lemak. Namun, harus diingat, aktivitas fisik juga diperlukan untuk menurunkan berat badan. Berolahraga setidaknya 30 menit setiap hari dan memperbanyak konsumsi buah atau sayur akan dapat membantu Anda.

5. Menurunkan gula darah

Kandungan vitamin C dalam jeruk nipis juga sangat bermanfaat bagi penderita diabetes. Jeruk nipis memiliki kadar gula yang rendah dan membantu mengatur penyerapan gula ke darah. Hasilnya, gula darah Anda dapat terjaga.

6. Mengurangi risiko penyakit jantung

Jeruk nipis merupakan sumber magnesium dan kalium yang berfungsi menjaga kesehatan jantung. Kalium dapat menurunkan tekanan darah secara alami dan melancarkan sirkulasi darah. Hal ini membantu mengurangi risiko serangan jantung dan stroke. Selain itu, penelitian yang sedang berlangsung menyelidiki bahwa terdapat senyawa dalam jeruk nipis yang bernama limonin yang mungkin dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

7. Menurunkan risiko kanker

Kanker merupakan pertumbuhan sel yang abnormal dan dapat berkembang di bagian tubuh mana saja seperti payudaraa, paru-paru, dan ginjal. Mengonsumsi air jeruk nipis dapat menurunkan risiko terkena kanker. Kandungan antioksidan dalam air jeruk nipis dapat membantu menjaga kesehatan pertumbuhan sel dan meningkatkan sistem imun.

8. Mengurangi inflamasi

Beberapa penyakit inflamasi seperti radang sendi (arthritis), asam urat, dan penyakit sendi lainnya dapat dikurangi dengan mengonsumsi air jeruk nipis. Vitamin C dalam jeruk nipis dapat mengurangi inflamasi dan meredakan gejala yang muncul. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi lebih sedikit vitamin C memiliki kemungkinan menderita arthritis tiga kali lebih besar.
Air jeruk nipis juga dapat mengurangi kadar asam urat. Asam urat merupakan produk sisa dari pemecahan makanan tinggi purin seperti daging, hati, jamur, dan kacang-kacangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contact us

Nama

Email *

Pesan *